Bupati Minta Bangun Rutan Ajak Kejaksaan ke Kemenkumham

Share:
SENDAWAR – Selama ini, tahanan/narapidana harus dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Ke depan, di Kutai Barat yang sudah baru dimekarkan menjadi dua kabupaten (Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu) layak memiliki Rumah Tahanan Negara (Rutan) sendiri.
 
Bupati Kutai Barat Ismail Thomas mengatakan, pada 2015 mendatang Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim bisa membantu Pemerintah Kabupaten Kutai Barat berjuang ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Jakarta untuk mengajukan pembangunan Rutan di Kutai Barat.
 
“Jadi tidak ada lagi tahanan dibawa ke Tenggarong, karena jarak tempuhnya dari Kutai Barat lumayan jauh, sekitar 250 kilometer,” ungkap Bupati Kutai Barat Ismail Thomas, pada malam ramah-tamah dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Amri Sata dan jajarannya di Rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Kutai Barat, Kompleks Perkantoran Pemkab Kutai Barat, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Selasa (10/12) malam.
 
Bupati mengatakan, sebelum pembangunan Ibu Kota Sendawar, sudah menyiapkan lahan untuk Rutan Kutai Barat seluas 4,5 hektare. Lokasinya, di pinggir kawasan Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok. “Bahkan, badan jalan menuju ke lokasi tersebut sudah diaspal,” ujarnya.
 
Kajati Kaltim Amri Sata berjanji, akan membicarakan mengenai keluhan atau problem tahanan Kejaksaan yang sekarang masih dibawa ke Rutan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.  “Saya sebagai kepala forum komunikasi pimpinan daerah akan saya bicarakan juga dengan Depkumham, semoga terwujud dan berhasil. Memang perlu dibangunnya Rutan di Kutai Barat. Karena selain jarak tempuhnya sangat jauh pada saat membawa tahanan menuju Rutan Tenggarong juga berisiko di jalan,” terangnya.
 
Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, upaya pembangunan Rutan Kutai Barat sebenarnya sudah 2 sampai 3 kali mengajukan ke Kemenkumham di Jakarta. “Cuma pada saat itu, anggarannya belum ada. Mudah-mudahan anggaran pada 2015 mendatang dan seterusnya bisa dialokasikan untuk pembuatan Rutan Kutai Barat,” harapnya.

 

 

Seiring dengan perkembangan zaman, daerah ini memerlukan Rutan. Apalagi Kutai Barat sekarang telah dimekarkan menjadi dua kabupaten, yakni Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Kedua kabupaten tersebut termasuk wilayah kerja Kejari Sendawar.

Bupati Minta Bangun Rutan Ajak Kejaksaan ke Kemenkumham | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya