Cabang Rutan Sipirok Komit, Tingkatkan Disiplin dan Kewaspadaan

Share:

METROSIANTAR.com, TAPSEL* – Saat bekerja, seluruh petugas diharapkan menjalankan tupoksi dengan maksimal. Tujuannya agar dapat mempertanggungjawabkan pekerjaan yang diemban, baik kepada pemerintah dan diri sendiri.

Kepala Cabang Rumah Tahanan (Cabrutan) Sipirok Edi S kepada METRO mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, seluruh pegawai Cabrutan Sipirok harus disiplin dan penuh kewaspadaan. Disamping itu harus bisa menjaga wibawa, namun tetap akrab dengan seluruh tahanan maupun warga binaan dan juga pegawai yang ada.
Dikatakannya, sejak diamanahkan memimpin Cabrutan Sipirok sekitar 2 bulan terakhir, Edi mengaku masih belum memiliki program, hanya saja peningkatan disiplin kerja dan disiplin lainnya terus ditingkatkan bagi 15 petugas yang ada.
“Fungsi Rutan sebenarnya tempat penitipan warga yang belum mendapat kepastian, jelas resikonya lebih tinggi, makanya seluruh petugas harus menegakkan disiplin dan selalu waspada,” terangnya.
Rutan merupakan tempat dititipkannya warga yang tersangkut masalah hukum dan belum mendapat kejelasan tentang hukuman, sehingga tingkat kegalauan dari orang tersebut lebih tinggi, termasuk potensi untuk melarikan diri atau berbuat hal lainnya.
“Kalau orang-orang yang berada di rutan, rata-rata kondisi kejiwaannya masih belum stabil dan ini dipengaruhi belum adanya kepastian hukum. Berbeda dengan lembaga pemasyarakatan yang sebenarnya relatif lebih mudah diatur dan mengerti, karena sudah ada kepastian hukum yang akan dijalani,” ungkapnya.
Dikatakannya, untuk meminimalisir pola fikir negatif dari warga binaan dan tahanan yang ada, pihaknya juga meningkatkan pola pelaksanaan ibadah di Cabrutan.
“Warga binaan dan tahanan juga kita arahkan untuk tetap melaksanakan ibadah dengan teratur,” ujarnya.
Sementara itu, sambung Edi, pengunjung yang mau membesuk, selalu diperiksa dan tidak diperkenankan membawa barang elektronik, apalagi senjata dan lainnya.
“Makanan yang dibawa juga diperiksa, ini sudah merupakan ketentuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkann,” ungkapnya.
Pada kesempatan itu Edi S juga menyampaikan, bahwa pekarangan Cabrutan Sipirok sangat potensial ditanami berbagai tanaman bernilai ekonomis, seperti bawang dan lainnya.
“Dengan begitu, para pegawai akan memiliki tambahan, hal ini juga diharapkan mampu menjadi contoh bagi warga binaan, bahwa banyak cara dan jalan untuk hidup lebih baik dan nyaman,” terangnya.*(ran)*
Sumber : metrosiantar.com
Cabang Rutan Sipirok Komit, Tingkatkan Disiplin dan Kewaspadaan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya