Dijaga 18 Sipir, Rutan Tanjung Gusta Dihuni 3.202 Napi

Share:
fokusmedan : Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta Medan sudah over kapasitas dari jumlah hunian sebanyak 850 orang namun ditempati mencapai 3.202 orang atau sudah kelebihan 400 persen dari kapasitas hunian.
Ironisnya lagi, dari 3.202 warga binaan yang menghuni, petugas sipir yang melayani dan menjaga rutan tersebut hanya berjumlah 18 orang saja. Wow!
“Jelas untuk petugas kita sangat kekurangan sekali. Petugas kita hanya 18 orang saja, yang berhadapan langsung 9 orang. Itu bertugas di posko pengamanan saling bergantian dan di klinik kesehatan kita,” ungkap Kepala Rutan Tanjung Gusta Medan, Tony Nainggolan kepada fokusmedan.com, Selasa pagi.
Terpisah, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Basmanizar menyikapi over kapasitas itu pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemkuham) RI pada tahun 2015 akan membangunan sejumlah lapas dan rutan di Sumut.
“Kalau tidak ada halangan dua LP di Langkat, 1 LP Raya Siantar dan LP Labuhan Ruku akan direhab. Jadi yang over kapasitas bisa dipindahkan ke sana kalau sudah dibangun,” kata Basmanizar.
Basmanizar menjelaskan, semua itu kembali dari kebijakan dari pemerintah pusat untuk pembangunan lapas dan rutan di Tanjung Gusta Medan.(juve)
Sumber : fokusmedan.com
Dijaga 18 Sipir, Rutan Tanjung Gusta Dihuni 3.202 Napi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya