Dinsos Bondowoso Latih Keterampilan Eks Napi

Share:
napiBondowoso – Guna memberikan pembinaan terhadap mantan narapidana di Bondowoso, Dinas Sosial Bondowoso melaksanakan pelatihan potong rambut bagi Eks-Napi.
Pembinaan dan pelatihan tersebut dilakukan agar pandangan negatif terhadap sosok narapidana, baik karena penyalahgunaan narkoba maupun tindakan kriminal lainnya, tidak selalu dianggap sebagai pembuat kerusuhan yang meresahkan masyarakat.
“Napi yang kami latih ini keluaran tahun 2012. Mereka berasal dari Pakem, Curahdami, Botolinggo dan Tegalampel. Semoga saja dengan pelatihan ini mereka bias mengerjakan hal hal positif dan bisa mencari nafkah supaya tidak terjun ke lubang yang sama,” kata Kepala Dinas Sosial Bondowoso, Abdul Thalib melalui Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial, Rusdiningsih Utami, saat ditemui dikantornya, Jum’at (30/1).
Menurut dia, pelatihan ini penting dilakukan agar memungkinkan narapidana dan korban narkoba mampu melaksanakan fungsi sosial secara wajar dalam kehidupan masyarakat dengan cara peningkatan potensi yang dimiliki.
Bahkan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterampilan teknis dan keterampilan berwirausaha, sehingga mantan narapidana ini dapat mandiri.
”Kami menyadari betul, penyandang status mantan narapidana tentu kurang nyaman di lingkungan masyarakat. Namun demikian, kami berharap, dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi mantan narapidana,” jelasnya.
Rusdiningsih mengatakan, jumlah peserta pelatihan potong rambut sebanyak 10 orang dan dilaksanakan di aula SLB Bondowoso selama 5 hari. Mereka pun mendapat perlengkapan potong rambut secara gratis untuk modal berwirausaha.
Sumber 
Dinsos Bondowoso Latih Keterampilan Eks Napi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya