MENKUMHAM : BEBAS BERSYARAT BISA DICABUT

Share:
df_alnarrow_Amir-20131026024718989483-300x0Pembebasan bersyarat yang diberikan kepada ‘ratu mariyuana’ Schapelle Leigh Corby terus menuai protes. Pemerintah dinilai tunduk terhadap pemerintah Australia dan mengingkari komitmen memberantas peredaran narkotika di Tanah Air.
Kepada wartawan Media Indonesia Sri Utami, Menkum dan HAM Amir Syamsuddin menegaskan kewenangan memberikan pengampunan tersebut sudah tepat. Berikut petikan wawancaranya.
Apa alasan pemerintah akhirnya memberikan pembebasan bersyarat?
Sudah berulang kali saya katakana bahwa saya melaksanakan undang-undang dan pembebasan bersyarat tiga hari lalu itu bukan khusus untuk Corby, ada tiga orang asing. Corby salah satu dari 900 narapidana narkotika, diantara 1700 warga pidana yang berhak menerima pembebasan bersyarat.
Bebas maksud Anda?
Bebas itu bukan bebas murni keluar dari penjara. Dia masih berstatus narapidana. Dia harus menjalani, mematuhi peraturan itu sampai 2017.
Artinya Corby bisa meninggalkan Bali, begitu?
Dia harus meninggalkan tempatnya dengan pengawasan balai pemasyarakatan dan kejaksaan disana dan harus dengan sepengetahuan.
Jadi Corby bisa bebas keluar Bali?
Saya tidak boleh mengatakan tidak bisa. Itu sepenuhnya balai pemasyarakatan dan kejaksaan disana yang mengawasi.
Undang-undang kita sangat tegas melawan segala bentuk narkoba, tapi aplikasinya justru lembek. Menurut Anda?
Lembeknya dimana? Kalau soal pengampunan atau grasi, itukan hak konstitusional yang diberikan Presiden. Jangan karena Presiden melaksanakan haknya, lalu UU dikatakan lembek. Itu konstitusional yang mengaturnya.
Bagaimana dengan Komitmen Presiden yang mencanangkan 2014 sebagai tahun penyelamatan pengguna narkoba?
Oke, pencanangan boleh pencanangan. UU dan peraturan pelaksanaanya itu sudah mengatur dengan jelas dan mereka yang diberikan hak itu ialah mereka yang memenuhi peraturan yang ada.
Selalu bisa terjadi bahwa manakala ada persyaratan dilanggar oleh narapidana yang melanggar, (pembebasan bersyarat) akan dicabut.
Jaminan Corby tidak lari dari Indonesia?
Lo, kan semua sudah diatur. Ada iparnya yang menjamin. Kalau dia lari dari Indonesia, kita tinggal meminta kepada aparat dan dia akan langsung masuk dalam daftar pencarian orang.
Sumber : Media Indonesia, Edisi Selasa 11 Februari 2014 Halaman 3
MENKUMHAM : BEBAS BERSYARAT BISA DICABUT | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya