Merasakan Menginap di Lapas Nusakambangan

Share:
nusakambangan-2-ape_-NK8 (1)TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Hingga saat ini, nama Nusakambangan masih identik dengan keseraman. Pulau yang terletak di sisi selatan Kabupaten Cilacap acapkali disebut sebagai Alcatraz Indonesia, sebutan yang mengacu pulau penjara yang yang terletak di tengah Teluk San Francisco, California, Amerika Serikat.
Sebutan itu wajar adanya, mengingat di Nusakambangan terdapat sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (LP) berkeamanan tinggi, yang penghuninya terbilang narapidana (napi) kelas kakap. Ada gembong terorisme, perampok, hingga pembunuh berdarah dingin.
Akhir pekan lalu, dua wartawan Tribun Jateng berkesempatan untuk melihat lebih dalam, sekaligus memotret keseharian Nusakambangan. Di luar keseraman nama dan reputasinya, di Nusakambangan juga terdapat kehidupan dan aktivitas yang lebih manusiawi, mulai dari penjagaan ketat berlevel supermaximum security, pemeriksaan di tiap pintu masuk, hingga kesibukan menyiapkan makan siang bagi siang ribuan napi, karya-karya keren buah tangan terampil para warga binaan, hingga aktivitas religius para napi Pondok Pesantren Attaubah.

 

Sesungguhnya, Nusakambangan bukan hanya berarti keseraman. Di Nusakambangan, kehidupan dan kemanusiaan berjalan. (amp)
Sumber 
Merasakan Menginap di Lapas Nusakambangan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya