Napi Pun Berhak Memilih

Share:

SOSIALISASI-di-LPKENDAL  – Narapidana yang tidak sedang kehilangan hak politiknya atau hak politiknya tidak dicabut berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, memiliki hak yang sama dengan warga masyarakat lainnya, termasuk dalam memilih calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Propinsi serta DPRD Kabupaten/ Kota. Hal itu disampaikan oleh salah seorang anggota Komisi KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, SE, dari Divisi Sosialisasi, Rabu (26/2).

 

Atas dasar pertimbangan inilah, selain memberikan sosialisasi, tatacara pencoblosan yang benar kepada para pemilih pemula di 12 sekolah SLTA di Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria juga menyampaikan sosialisasi serupa kepada 186 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kendal. Di tengah keterbatasan tembok dan tirai besi yang mengungkungnya, ternyata para narapidana yang mayoritas pria itu, demikian antusias mendengarkan kegiatan sosialisasi tersebut.

 

Selama ini informasi tentang tatacara Pemilu yang diketahui oleh para warga binaan, memang relatif masih minim. Hal demikian memang bisa dimaklumi mengingat ruang gerak mereka amat terbatas, berada di dalam lingkungan tembok LP. “Mengingat mereka memiliki hak untuk memilih maka, KPU jauh hari memberikan pemahaman tentang kepemiluan,” terang satu- satunya anggota Komisi KPU perempuan ini.

 

Ditambahkan, untuk memudahkan napi dalam memahami tatacara mencoblos, Hevy yang didampingi sejumlah tenaga sekretariat KPU wanita tidak lupa membawa contoh kartu suara dan praktik mencoblos yang benar. Untuk itu, ia minta sukarelawan warga binaan maju ke depan, yakni Abun, salah seorang napi yang tersangkut masalah narkoba. Sosialisasi dan praktik berjalan lancar dengan tetap di bawah pengawasan petugas Lapas setempat.

 

Nantinya di Lapas akan disiapkan TPS khusus untuk memudahkan mereka menyalurkan aspirasi politiknya. Selain di LP Kelas IIA, KPU juga menugaskan Hevy Indah Oktaria, memberikan sosialisasi serupa di lingkungan kompleks Lokalisasi Gambilu, Kecamatan Kaliwungu, yang berbatasan dengan Mangkang, Kota Semarang. Bagi Hevy, dimanapun ditugaskan, dirinya siap melaksanakannya tugas itu dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab. (ap19)

sumber

Napi Pun Berhak Memilih | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya