Napi Sibolga Terancam Tak Mendapat Remisi

Share:
penjaraSibolga – Demi menciptakan situasi aman, warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Sibolga, dilarang kampanyekan siapapun dari antara calon anggota Legislatif (Caleg) yang maju pada pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014.
“Bila ditemukan ada di antara warga binaan yang melakukan hal itu, maka tidak akan mendapatkan penilaian berkelakuan baik sebagai syarat untuk mendapatkan remisi,” kata Kepala Lapas kelas IIA Sibolga, Sardiaman Purba menjawab Analisa, Minggu, (16/3).
Sardiaman menyatakan, penegasan ini juga berlaku kepada para pegawai Lapas. Pegawai akan dikenakan tindakan disiplin bila terbukti melanggar aturan tersebut.
“Jadi inti dari pelarangan ini, supaya jangan sampai terjadi blok-blok dan akhirnya dapat menimbulkan kericuhan di lingkungan Lapas,” ucapnya.
Berapa jumlah warga binaan yang menjadi pemilih, Sardiaman menuturkan, dari hasil pendataan yang telah dilakukan mereka dan data itu sendiri telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah, warga binaan yang menjadi peserta pemilih terhitung sebanyak 400-an orang.
Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Tapteng, Halomoan F Lumbantobing membenarkan pihak Lapas telah menyerahkan data jumlah warga binaan yang menjadi peserta pemilih pada Pemilu 2014. Jumlah data yang masuk lebih dari 400 orang, sehingga di tempat itu nantinya akan disediakan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Pemilih Khusus
Disinggung warga binaan ada keluar (bebas) dan ada pula yang masuk jelang Pemilu, Halomoan menuturkan, sepanjang warga binaan tersebut belum terdaftar, tapi memiliki identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), warga binaan diperkenankan memilih dan akan masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK).
“Sementara bagi yang sudah sempat terdaftar di lingkungan kediamannya, terlebih harus mengambil formulir A5 (pindah tempat pemilihan) supaya dapat memilih di TPS Lapas,” tandasnya. (yan) (AnalisaDaily.com)
Sumber : sipirok.net
Napi Sibolga Terancam Tak Mendapat Remisi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya