Pembayun dan Wironegoro Siap Bantu Warga Lapas

Share:

Lapas Jogja YOGYA (KRjogja.com) – Lapas bukan hanya tempat pembelajaran semata, tapi juga ruang berkreasi dalam seni kerajinan agar bisa menjadi bekal pada kehidupan yang akan datang. Selesai ‘sekolah’ dari lapas, warga binaan harus lebih pintar agar bisa lebih bermanfaat bagi generasi berikutnya, keluarga dan masyarakat.
Hal tersebut yang disampaikan GKR Pembayun saat berdialog dengan warga binaan perempuan di Lapas Wirogunan Yogyakarta, Jumat (14/3). Pada kesempatan itu, hadir pula KPH Wironegoro. Mereka datang sebagai perwakilan dari pihak Kraton Yogya untuk melihat kondisi dan keberadaan blok perempuan di lapas tersebut. Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan alat ketrampilan berupa mesin jahit.
“Di dalam lapas, warga binaan juga terus berkarya menghasilkan produk, hanya masih terkendala pada pengemasan dan pemasaran. Untuk itu, kami siap membantu memasarkan, dan memberikan pelatihan sesuai yang dibutuhkan. Mari kita berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik dan melakukan hal positif. Menunjukkan masih bisa memberikan contoh yang baik pada sekitarnya,” ungkap Pembayun.
Ditambahkan Wironegoro, parameter keistimewaan DIY adalah untuk mewadahi dan melestarikan seni budaya yang ada di Yogyakarta. Untuk itu, lapas juga bisa ambil bagian dengan menyelenggarakan pelajaran bahasa Jawa, ‘subositho’ dan ‘unggah-ungguh’. Mengingat saat ini gereja juga beribadah dengan menggunakan bahasa Jawa. Untuk itu, tempat beribadah lainnya juga bisa memanfaatkan momen <I>nguri-nguri<P> kebudayaan Jawa dalam beribadah.
“Kami memastikan keistimewaan Yogya juga memberikan semangat kepada lapas dan warganya untuk bersikap positif dan lebih baik,” ujarnya
Diungkapkan Kepala Divisi Pemasyarkatan Agus Toyib, karena keterbatasan lapas blok perempuan, maka akan dibangun lapas perempuan di tanah milik Kraton, tepatnya sebelah selatan lapas narkotika Pakem. Begitu juga dengan lapas anak di Wonosari. (Mez)

Sumber : krjogja.com

Pembayun dan Wironegoro Siap Bantu Warga Lapas | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya