Petugas PAS Kalteng Dilatih Jadi Instruktur Bengkel Kerja

Share:

kalteng2Palangkaraya, INFO_PAS – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah (Kalteng), Haviludin, membuka secara resmi pelatihan instruktur bengkel kerja bagi 30 petugas pemasyarakatan se-wilayah Kalteng di Palangkaraya, Rabu (5/3).

“Pelatihan ini merupakan kegiatan strategis dalam upaya memberikan bekal keterampilan kepada para wargabinaan,“ tutur kakanwil yang pernah menjabat sebagai direktur di lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) tersebut.

Haviludin juga menyampaikan apresiasi atas terpilihnya wilayah Kalteng sebagai wilayah yang mendapatkan pelatihan instruktur bengkel kerja atas kerja sama Ditjen PAS Kemenkumham dengan Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Apabila para napi dilatih dengan baik, maka mereka akan punya keahlian dan keterampilan yang diharapkan lebih mudah mencari penghasilan setelah bebas nanti,” ujar Haviludin.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) propinsi Kalteng, Hengky, mengemukakan bahwa sekitar 60-70 %  komoditi rotan nasional di hasilkan dari Kalteng. “Ada delapan kabupaten yang mempunyai potensi rotan di propinsi Kalteng. Sungguh tepat apabila dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk kegiatan-kegiatan usaha mikro kecil,” katanya.

Hengky juga menyatakan bahwa pihaknya siap menindaklanjuti kegiatan ini dengan melakukan kerjasama intensif bersama Kanwil Kemenkumham Kalteng sebagai pendampingan dan membantu peralatan produksi hingga pemasarannya melalui koperasi. “Pemberdayaan masyarakat Kalteng termasuk para wargabinaan yang ada di lapas/rutan, bisa dilaksanakan bersama-sama,” serunya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Kemandirian Ditjen PAS, Tuti Nurhayati, mengatakan bahwa dalam pelatihan kali ini para petugas pemasyarakatan dan calon instruktur dibekali keterampilan pembuatan topi dan tas berbahan baku rotan. Selain itu, para petugas juga akan dibekali keterampilan membuat miniatur mandau dan tameng hias yang merupakan ciri khas budaya masyarakat Kalteng.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Kalteng, Sukanto kepada INFO_PAS mengemukakan bahwa beberapa hasil karya narapidana Kalteng juga pernah dipamerkan dalam ajang event Napi Craft di Jakarta. “Sebanyak 2.000 miniatur ikan jelawat berbahan batok kelapa karya wargabinaan Lapas Sampit telah dipesan Bupati Waringin Timur untuk event MTQ pada Mei mendatang,” seru kadivpas yang pernah menjabat sebagai Kepala Rutan Serang ini.

Kegiatan pelatihan vocational bagi petugas pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng ini rencananya digelar selama tiga hari, yakni pada 5-7 Maret 2014. Selain dihadiri jajaran Kanwil Kemenkumham serta Dinas Koperasi dan UMKM Kalteng, pembukaan pelatihan ini juga dihadiri perwakilan dari Ditjen PAS dan Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM RI.

 

sumber: ditjenpas.go.id

Petugas PAS Kalteng Dilatih Jadi Instruktur Bengkel Kerja | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya