Ratusan Narapidana di Indramayu Tak Masuk DPT

Share:

INDRAMAYU – Pemilu legislatif tinggal menghitung haru, namun masih banyak warga yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), termasuk narapidana. Ada ratusan napi penghuni  Lapas Kelas II B Kabupaten Indramayu yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap pemilu legislatif 2014. Ketiadaan Nomor Induk Kependudukan serta tingginya mobilitas keluar masuk narapidana dianggap menjadi penyebabnya.

Anggota Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Indramayu, Madri mengatakan, pihaknya sudah melakukan penetapan DPT terakhir per 17 Januari 2014. Saat itu, dari total DPT 1.437.942 jiwa, tercatat ada 487 narapidana di lapas Indramayu yang masuk dalam DPT.

“Akan tetapi, setelah penetapan DPT, ada narapidana yang keluar dari lapas dan ada juga narapidana baru yang masuk ke lapas. Oleh sebab itu, DPT narapidana di lapas sekarang berubah lagi,’’ katanya, Senin (17/3/2014).

Selain itu, dia menambahkan, ada juga 121 orang narapidana yang belum memiliki NIK. Akibatnya, mereka juga belum bisa dimasukkan dalam DPT. Adanya kondisi tersebut, dia mengatakan, pihaknya akan memperbaharui DPT secara keseluruhan, termasuk DPT di dalam lapas, per 25 Maret 2014 mendatang.

“Akan tetapi, kami juga tetap mengakomodasi siapapun yang belum terdaftar dalam DPT hingga hari pencoblosan, untuk dimasukkan menjadi daftar pemilih khusus tambahan,” ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan penetapan KPU Indramayu per 17 Januari 2014, jumlah DPT di Kabupaten Indramayu mencapai 1.437.942 jiwa. Jumlah itu terdiri dari 706.502 orang laki-laki dan 731.422 orang perempuan.[Ant/pr/rm]

Sumber: http://www.rimanews.com

Ratusan Narapidana di Indramayu Tak Masuk DPT | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya