Sipir Pria Membantu Tahanan Wanita Melahirkan

Share:

RutanPASNews – Seorang tahanan wanita Rutan Malendeng, Manado bernama Desi Bolutio (20) melahirkan di dalam mobil saat menuju rumah sakit yang tidak di dampingi oleh petugas medis.

Selama dalam proses melahirkan hanya dibantu oleh sipir pria bernama Amri yang mengawalnya.

Menurut pengakuan amri yang baru empat bulan bertugas di Rutan Malendeng, bayinya keluar sendiri dan dia membopongnya hingga menuju rumah sakit, Jumat (21/02/2014).

Kepala Rumah Tahanan Malendeng Manado, Julius Paath mengatakan bahwa di Rutan terdapat poliklinik namun tidak ada bidan. Yang ada hanya dokter umum jadi untuk melahirkan harus di bawa ke rumah sakit dan pihaknya telah berupaya membantu ibunya.
Desi adalah tahanan Kejaksaan Negeri Minahasa Utara yang sedang menjalani proses masa persidangan atas dakwaan di dalam kasus saling menghina di media sosial Facebook. Saat masuk ke dalam Rutan Malendeng dua bulan lalu usia kandungan Desi sudah mencapai tujuh bulan.

“Minggu ini seharusnya dia harus menjalani sidang tuntutan jaksa. Soal penahanan itu adalah kewenangan dari kejaksaan disini kami hanya menjalankan perintah penahanan saja”, ujar Paath.

Peristiwa ini mematik simpati dari Wakil wali Kota Manado, Herley Mangindaan.

Jumat (21/02/2014) malam, Herley menengok Desi serta bayinya di Blok Mawar Kamar 1 Rutan Malendeng. Disana Desi harus berbagi ruangan dengan beberapa tahanan lain. Padahal dia baru saja melahirkan seorang bayi perempuan saat kamis kemarin.

“saat melahirkan di atas mobil, saya sudah merasakan kontraksi sejak pagi dan kemudian di bawa ke rumah sakit oleh petugas Rumah Tahanan”, ujar Desi kepada sejumlah wartawan sebelum diizinkan masuk.

Di saat sedang menuju ke rumah sakit ternyata Desi sudah tidak bisa menahan kontraksinya. Lahirlah bayi mungil berbobot 3.4 kg di dalam mobil.

“saya bahagia bisa melahirkan anak saya, walaupun saya sedang berada di dalam tahanan, petugas memperlakukan saya dengan sangat baik,”Kata Desi.

Wakil Wali Kota Manado, Harley kemudian memberikan sejumlah bantuan berupa pakaian serta bahan kebutuhan bayu untuk anak Desi.

“Sebagai pemerintah Kota Manado dan secara Pribadi saya tergerak untuk membantu apa yang sedang dialami mereka. Saya juga berterima kasih kepada petugas Rutan yang telah membantu proses kelahiran bayi Desi sehingga ibu dan anaknya dalam kondisi sehat.”Ujar Mangindaan.

Sumber: kompas.com

Sipir Pria Membantu Tahanan Wanita Melahirkan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya