Warga Binaan LP Sumedang Produksi Gantungan Bunga

Share:
INILAH.COM, Sumedang – Warga Binaan di Lapas II B Sumedang memproduksi gantungan bunga yang terbuat dari tali tambang. Setiap bulannya, ada pemesanan hingga 250 gantungan yang dikirim ke salah satu taman di Sumedang.
“Ada produk baru hasil karya warga binaan yaitu gantungan untuk bunga, terbuat dari tali tambang lalu dijalin dan diikat sehingga bisa digunakan untuk media menggantung pot bunga,” kata Kepala Lapas Sumedang Herlin Candrawati, Minggu (19/1/2014).
Sejak Herlin memimpin, berbagai karya baru dibuat demi memaksimalkan potensi warga binaan. Meski tak semua dikerjakan oleh warga binaan perempuan, namun produk yang dihasilkan sangat kental dengan sentuhan perempuan.
“Saya ingin lapas ini indah dan rapi dengan berbagai produk kerjainan tangan,” ujar Herlin yang semula bertugas di Rutan Pondok Bambu Jakarta.
Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Herlin memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di Lapas. Kegiatan pertamanya adalah semua warga binaan diberi keterampilan membatik baik jenis batik ikat atau celup, membuat sandal hotel, dan membuat kaligrafi dari bahan kacang- kacangan, beras atau cangkang telur.
“Semua produk dijual ke luar meski dengan harga miring, tapi semua dipesan dengan kontinu,” kata Herlin.
Warga Binaan LP Sumedang Produksi Gantungan Bunga | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya